Profesi Dosen Bisa jadi Pilihan Alumnus

YUSUF Efendi, mahasiswa elektro industri Politeknik Elektronika Negeri Surabaya-Institut Teknologi Sepuluh Nopember (PENS-ITS), tak gamang dengan nasibnya. Dia yakin memiliki banyak pilihan setelah lulus nanti. Salah satu yang pasti adalah menjadi pengajar Diploma-3. “Banyak senior yang menjadi dosen,” kata mahasiswa semester delapan yang kini tengah sibuk menggarap tugas akhir itu.

Apa yang dikatakan Yusuf memang tak salah. Pilihan profesi dosen memang bisa menjadi salah satu opsi lain yang banyak dipertimbangkan alumni perguruan tinggi. Mereka yang alumni D-3 dan ingin mengajar D-3 mau tak mau harus menimba ilmu lagi pada jenjang D-4.

Menurut Titon Dutono, direktur PENS-ITS, tak sedikit mahasiswanya yang sempat mengajar di D-3 lantas berkuliah lagi pada D-4 agar memenuhi persyaratan. Oleh sebab itu, pada awal dibuka D-4, kebanyakan mahasiswanya adalah lintas jalur dari D-3.

Mereka yang sudah bergelar sarjana sains terapan (SST) dapat langsung mengajar di berbagai politeknik. Mereka yang setelah lulus D-4 ingin melanjutkan studi pun tak masalah. Mereka bebas mengambil S-2 dan lantas S-3. “Banyak dosen di PENS yang alumni sendiri. Banyak dari mereka yang mengambil master di luar negeri,” katanya.

Peluang menjadi dosen dan kebebasan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi itulah yang mungkin membuat lulusan SMA semakin banyak yang tertarik masuk D-4. Pada awal mula didirikan D-4, peminatnya masih sedikit. Dibanding D-3, ramal Titon, mungkin sekitar 30:70. Tapi kini, jumlah itu berbalik menjadi 70:30 untuk D-4.

Dengan bekal banyaknya ilmu praktik, alumni juga dipercaya dapat membuka usaha sendiri saat lulus. Titon mengatakan, dengan bekal tersebut banyak mahasiswanya yang sukses berwirausaha. Terutama usaha yang bergerak dibidang teknologi informasi (TI). (ara)

sumber : jawapos 25/06/07

Posted in Berita. 2 Comments »

2 Responses to “Profesi Dosen Bisa jadi Pilihan Alumnus”

  1. hasanuddin Says:

    klo semua alumnus jadi dosen, sapa yang mau jadi ahli elektronya????
    dosen itu gajinya kecil, tapi perbuatannya mulia!!
    4jji Akbar!!
    4jji Akbar!!
    4jji Akbar!!

  2. smunsala Says:

    @Hasanuddin
    keliatannya mas Hasanuddin bersedia yakz


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: